Kamis, 26 Desember 2013

manfaat dari nitrobacter dalam kehidupan sehari hari

     
MAnfaat nitrobacter 

    Mikroba terdapat dimana-mana di sekitar kita ada yang menghuni tanah, air, dan udara. Studi tentang mikroba yang ada di lingkungan alamiahnya disebut ekologi mikroba. Maka dari itu penulis tertarik menuliskan bakteri yang menguntungkan yang berjudul Nitrobacter .

NITROBACTER
    Unsur nitrogen di alam terdapat dalam bentuk gas, sedangkan di tanah jumlahnya sangat sedikit,namun sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah banyak. Nitrogen bersenyawa membentuk urea, protein, asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti amoniak, nitrit dan nitrat.
Meskipun kebutuhan N2 sangat penting, namun hanya sedikit organisme yang dapat mengikat N2 dari udara, yaitu jenis bakteri dan gangang bersel satu yang bersimbiosis dengan tmbuhan tingkat tinggi melalui Fiksasi Nitrogen. Sedangkan tumbuhan lainnya memperoleh senyawa nitrogen melalui suplai N2 atau daur nitrogen. N2 diserap oleh tumbuhan dalam bentuk nitrat melalui proses Nitrifikasi yang dibantu oleh bakteri Nitrosomonas, Nitrococus dan Nitrobacter.
Bakteri yang mengoksidasi ammonia menjadi nitrit kemudian menjadi nitrat disebutbakteri nitrifikasi.
      Nitrobacter merupakan bakteri nitrifikasi karena merupakan bakteri yang mengubah nitrit menjadi nitrat. Nitrobacter termasuk famili Nitrobacteraceae. Spesies nitrobacter meliputi Nitrobacter winogradskyiNitrobacter hamburgensis,Nitrobacter vulgarisNitrobacter alkalicus. Selain itu, nitrobacter juga merupakan sub-kelas dari Proteobacteria. Nitrobakter menggunakan energi dari oksidasi ion nitrit  ( NO2¯ ) menjadi ion nitrat ( NO3¯ )  untuk memenuhi kebutuhan karbonnya.
      Nitrobacter memiliki pH optimum antara 7,3 dan 7,5 serta akan mati pada suhu 120 F (49 C) atau di bawah 32 F (0 C). Menurut Grundman, Nitrobacter tumbuh optimal pada suhu 38 C dan pH 7,9. Akantetapi, Holt menyatakan bahwa Nitrobacter tumbuh optimal pada suhu 28 C dan ph antara 5,8-8,5 dan memiliki pH optimal antara 7,6-7,8 (Grundman et. al. 2000, Holt, 1993).  Nitrobakter termasuk bakteri aerob, pada umumnya berbentuk batang, seperti pir atau pleomorfhic dan berkembang biak dengan budding.

Karakteristik
      Nitrobacter adalah terminologi bakteri Lithotrophic. Mereka membutuhkan oksigen dan makanan untuk hidup dan membangun koloni dimedia dengan permukaan yang keras dan bersih. Jenis bakteri tersebut termasuk lama dalam replikasi dibanding bakteri lain yang ada. Pada kolam air tawar, bakteri membutuhkan waktu setiap 8 jam untuk bereplika, sedangkan untuk air laut lebih lama lagi, sekitar 24 jam.
     Proses pengolahan air limbah secara biologis aerobic adalah dengan memanfaatkan aktifitas mikroba aerob, untuk menguraikan zat organik yang terdapat dalam air limbah, menjadi zat norganik yang stabil dan tidak memberikan dampak pencemaran terhadap lingkungan. Mikroba aerob ini sebenarnya sudah terdapat di alam dalam jumlah yang tidak terbatas dan selalu dapat diperoleh dengan sangat mudah.Dalam kapasitas yang terbatas alam sendiri sudah mampu menetralisir zat organik yang ada dalam air limbah. Sementara itu kemampuan air dalam menyerap oksigen di udara sangat terbatas, walaupun keberadaan oksigen di udara tidak terbatas. Pemenuhan oksigen dapat dibantu dengan peralatan mekanis (aerator), aliran udara bertekanan atau pertumbuhan mikrobia itu sendiri (algae).
 
Pengolahan Limbah
            Bakteri aerob atau sering di sebut dengan Nitrobacter dapat memecah gula menjadi air, karbondioksida (CO2), dan energi. Oleh karena itu, saat ini, bakteri aerob banyak dimanfaatkan untuk pengolahan limbah-limbah cair yang dihasilkan dari pabrik-pabrik. Dalam pengolahan limbah ini, bakteri aerob memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.
1. Bakteri aerob memerlukan suhu yang tinggi agar dapat bekerja maksimal. Ia memerlukan temperatur lebih tinggi dari sebelumnya jika ingin sampai pada reaksi yang diinginkan.
2. Bakteri ini akan efektif bekerja pada kisaran pH 6,5 sampai dengan 8,5. Pada reaktor aerob, hal tesebut dikenal dengan istilah Completely Mixed Activated Sludge (CMAS). Pada proses tersebut, terjadi netralisasi asam dan basa sehingga tidak diperlukan lagi tambahan bahan kimia selama BOD-nya kurang dari 25mg/liter limbah.
3. Memiliki kebutuhan energi yang tinggi untuk prosesnya dengan tingkat pengolahan 60-90 persen.
4. Produksi lumpur yang akan dihasilkan untuk pengolahannya tinggi. Begitupun, stabilitas proses terhadap racun dari limbah dan perubahan bebannya dari sedang sampai tinggi.
5. Bakteri aerob memerlukan nutrien yang tinggi untuk beberapa limbah industri.
6. Tidak ada bau yang dihasilkan dari pengolahan limbahnya.
Tujuan utama pengolahan limbah air adalah untuk menguraikan BOD, partikel tercampur srta membunuh organisme pathogen. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang beasanya dipergunakan pada penglaman limbah air berikut beberapa tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan
.
DAFTAR PUSTAKA
Black, Jacquelyn G. 2002. Microbiology. John Wiley & Sons, Inc.
Brock. TD. Madiqan. MT. 1991. Biology of Microorganisms. Sixth ed. Prentice-
HallInternational, Inc.
Cappuccino, JG. & Sherman, N. 1987. Microbiology: A Laboratory Manual. The
Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc. California.
Case, C.L. & Johnson, T.R. 1984. Laboratory Experiments in Microbiology.
Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc. California.

Fardiaz, S. 1987. Fisiologi Fermentasi, PAU IPB.

45 komentar:

  1. artikel ifit bagus ,, mudah di pelajari setelah baca di http://teknologinitrobacter.blogspot.com/2013/05/kunci-keberhasilan-nitrobacter.html
    Bakteri Nitrobacter harus diperlakukan sebagai TEMAN dan MITRA perjuangan petani. Bakteri ini adalah mahluk hidup yang butuh perlakuan tepat. Sebagai pekerja pengurai tanah, dia bekerja 24 jam dalam
    sehari, dan terus beranak pinak dalam tanah tiap 8 jam. Dan untuk memelihara bakteri ini sebagai pasukan pekerja gratisan nyaris tanpa istirahat ini , dibutuhkan pengertian untuk menjaga agar bakteri ini tidak mati sia-sia karena perlakuan yang salah.Pemberian pupuk kimia, Penyemprotan pestisida kimia, dan pemberian herbisida (obat anti rumput) adalah tindakan yang kontra produktif dan sangat merugikan kelangsungan hidup bakteri.

    BalasHapus
  2. setuju dengan artikel ini, bahwa Nitrobacter merupakan bakteri nitrifikasi karena merupakan bakteri yang mengubah nitrit menjadi nitrat. buat tambahan nitobacter ini juga dimanfaatkan untuk pengolahan limbah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran
    akibat limbah yaitu melalui bioremediasi. Bioremediasi merupakan salah satu cara
    untuk membersihkan senyawa polutan baik kimia maupun organik yang bersifat
    toksik menjadi bentuk lain yang tidak berbahaya. Prosesnya melibatkan aktivitas
    mikroba dan sasaran yang akan dicapai dalam proses tersebut adalah menurunkan
    polutan sampai tingkat konsentrasi yang aman (Alexander, 1999).

    BalasHapus
  3. siip saya sependapat dengan artikel fitri. Nitrobacter memainkan peran penting dalam siklus nitrogen dengan mengoksidasi nitrit menjadi nitrat dalam tanah. Tidak seperti tanaman, di mana transfer elektron dalam fotosintesis menyediakan energi untuk fiksasi karbon, Nitrobacter penggunaan energi dari oksidasi ion nitrit, NO2-, menjadi ion nitrat, NO3-untuk memenuhi persyaratan karbon mereka

    BalasHapus
  4. Nah iya bener tuh, Nitrobacter ini uda ga asing lagi ya buat kita, udah sering di bahas mengenai bakteri ini yang memiliki peran dalam mengubah nitrit menjadi nitrat, baca di blog http://aguskrisnoblog.wordpress.com ternyata ikan Koi yang melakukan respirasi dan bersekresi membuang kotoran yang mengandung ammonia. Ammonia tersebut lalu diuraikan nitrosomonas menjadi nitrit. Siklus berikutnya adalah nitrobacter yang mengkonversi nitrit menjadi nitrat, hal ini membuktikan bahwa nitrobacter memang bener2 berfungsi mengubah nitrit menjadi nitrat.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Fitri, artikelnya sangat lengkap ya, sdikit menyinggung tentang bioremediasi yang di katakan oleh ayu. Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan. Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan tersebut, sebuah peristiwa yang disebut biotransformasi. Pada banyak kasus, biotransformasi berujung pada biodegradasi, dimana polutan beracun terdegradasi, strukturnya menjadi tidak kompleks, dan akhirnya menjadi metabolit yang tidak berbahaya dan tidak beracun.
    Saat ini, bioremediasi telah berkembang pada perawatan limbah buangan yang berbahaya (senyawa-senyawa kimia yang sulit untuk didegradasi), yang biasanya dihubungkan dengan kegiatan industri. Yang termasuk dalam polutan-polutan ini antara lain logam-logam berat, petroleum hidrokarbon, dan senyawa-senyawa organik terhalogenasi seperti pestisida, herbisida, dan lain-lain

    BalasHapus
  6. haii fitrii :) setuju sama lita kalo kita itu udh ga asing sama yg namanya bakteri nitrobacter dimaan fungsi bakteri ini sebagai pengubah nitrit menjadi nitrat . dan baru tau juga bahwa bakteri ini jga sebagai pengolah limbah. semakin banyak yaa bakteri yg menjadi agen pengolah limbah yg dapat bermanfaat bagi bumi. terimakasih fitri atas artikelmu yg bermanfaat ini :)

    BalasHapus
  7. Assalam FItri, artikel yang bagus lengkap dan menambah info bagi yang membaca. bakeri Nitrobacter juga merupakan bakteri kemoautotrof yang dapat membuat makanan dengan reaksi-reaksi kimia. sumber: http://www.sentra-edukasi.com/2010/04/eubacteria-bakteri.html#.UseF21J3qbo

    BalasHapus
  8. fitri artikelnya sudah lengkap, menambahkan info juga nih..
    ternyata Nitrobacter mampu menjernihkan Air sekaligus menghilangkan bau busuk pada kolam ikan tentu solusi ini merupakan teknologi yang sangat dibutuhkan para peternak ikan. khususnya yang menghadapi masalah keterbatasan sumberdaya air.
    Kotoran Ikan yang masih mengandung terlalu banyak protein dan menimbulkan bau sangat busuk ini mampu di urai secara sangat efektif oleh Nitrobacter sehingga kolam ikan tidak bau dan air tidak perlu diganti dalam waktu lama.

    sumber : http://www.youtube.com/watch?v=69ZsbmJ0EpQ

    BalasHapus
  9. Subhanallah yaa, lagi dan lagi pengetahuan bertambah. Oh iya pit, supaya lebih memahami tentang bakteri ini, boleh juga pake gambar bakterinya yaa, coba dilihat disini http://oapkwh.blogspot.com/2013/09/ilmu-biologi.html

    BalasHapus
  10. Saya sependapat dengan saudari erlita bahwa memang bakteri ini sudah tidak asing lagi, namun dengan adanya artikel ini bisa lebih memperdalam mengenai bakteri ini dari karakteristik, peranan serta mekanisme dari pemanfaatan bakteri ini. Terimakasih :)

    BalasHapus
  11. Saya ingin menambahkan saja, ternyata Nitrobacter juga bermanfaat di bidang Perikanan dan Pertanian.

    Dalam bidang Perikanan, bakteri ini dapat menurunkan kandungan amoniak dalam air kolam. Amoniak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ikan atau udang mati. Selain itu dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau amis dari kolam ikan.

    Dalam bidang Pertanian, bakteri ini dapat digunakan untuk enggemburkan tanah yang keras sekalipun sehingga lahan rusak kritis pun bisa ditanami kembali dan menjadi produktif.

    http://www.nitrobacter.net/manfaat-nitrobacter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana caranya memperoleh bakteri tsbt dan bagaimana cara aplikasi ke tambak?

      Hapus
  12. Ini, nitrobacter si sahabat para petani dan petambak hehehe
    sbgai tambahan, Nitrobacter ini jg memiliki peran yg hampir sma dg bakteri saya, Methylococcus capsulatus, yakni biodegradasi.. tapi kalo yg satu ini lbih ke pengolahan air limbah..
    http://aguskrisnoblog.wordpress.com/2011/11/09/pemanfaatan-bakteri-nitrobacter-sp-sebagai-upaya-biodegradasi-pengolahan-air-limbah/

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. setuju dengan penulis, Nitobacter berperan penting dalam siklus nitrogen dan fiksasi nitrogen, karena bakteri ini mengubah N2 menjadi amoniak
    N2 + 8H+ + 8e- + 16 ATP = 2NH3 + H2 + 16ADP + 16 Pi
    reaksi ini memanfaatkan bantuan enzim nitrogenase. enzim nitrogenase terdiri dari 2 protein dan besi serta protein molibdeum-besi.
    Reaksi terjadi saat N2 terikat pada kompleks enzim nitrogenase. The Fe protein pertama dikurangi dengan elektron yang disumbangkan oleh ferredoxin. Kemudian protein Fe berkurang mengikat ATP dan mengurangi protein molibdenum-besi, yang menyumbangkan elektron ke N2, memproduksi HN = NH. Dalam dua siklus lanjut dari proses ini (elektron masing-masing membutuhkan disumbangkan oleh ferredoxin) HN = NH direduksi menjadi H2N-NH2, dan ini pada gilirannya dikurangi menjadi 2NH3.maaf tidak bisa menampilkan gambar, kalo ingi tau lebih lanjut silahkan kunjungi sumber berikut : http://archive.bio.ed.ac.uk/jdeacon/microbes/nitrogen.htm

    BalasHapus
  16. Terimakasih Fitri dan teman-teman yang telah memberi komentar dapat menambah wawasan saya tentang nitrobacter. Nitrobacter memainkan peran penting dalam aquaponics. Bakteri Nitrosomonas pertama mengkonversi amonia menjadi nitrit. Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat, yang mudah diserap oleh tanaman.
    http://en.wikipedia.org/wiki/Nitrobacter

    BalasHapus
  17. Setuju dengan artikel ini yang menyajikan berbagai macam fungsi Nitrobacter selain merupakan bakteri nitrifikasi karena merupakan bakteri yang mengubah nitrit menjadi nitrat juga teman-teman di atas telah menambahkan bahwa bakteri nitrobakter berfungsi juga unutk menhilangkan bau air kolam ikan saya inigin menambahkan link video saja yang mungkin bisa penulis lihat sebagai tambahan info http://www.youtube.com/watch?v=69ZsbmJ0EpQ :)

    BalasHapus
  18. wuah ternyata bakteri Nitrobacter ini sangat bermanfaat sekali yah dalam mengikat Nitrogen di udara :) bagus sekali artikelnya, menambah wawasan saya hehehe...

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum..
    setelah membaca artikel ini serta beberapa tambahan dari teman2, jadi saya dapat menyimpulkan ternyata bakteri ini mempunyai banyak manfaat ya dibanding kerugiannya.. bagus artikelnya menambah pengetahuan bagi para pembacanya :)
    Thanks (y)

    BalasHapus
  20. Asalamualaikum ipiiit :) . Artikelnya bagus, cukup lengkap. Setelah cari-cari sumber lain ternyata sama kaya temen-temen. intinya ternyata banyak juga ya manfaat nitrobacter. timakasih yaa infonya. semoga bermanfaat ;)

    BalasHapus
  21. Terima kasih fitri atas informas tentang Nitrobacter , sudah lengkap dijabarkan penulis dan oleh teman-teman yang mengomentari :)

    BalasHapus
  22. semakin banyak saja nih pengetahuan tentang bakteri pengolah nitrogen. karena bberapa teman kita yg lain juga ada yang mengankat tema sama dengan spesies bakteri yang berbeda.. lagi-lagi saya harus berterimakasih kpd kalian dan si bakteri serta Allah swt yg telah menciptakan saya, kalian, dan bakteri ini untuk kita semua..

    BalasHapus
  23. Terima kasih infonya fitri.. setuju dg fitri, sebagaimana yg sya baca di http://eriktampubolon2.blogspot.com/2013/04/pemanfaatan-bakteri-nitrobacter-sp.html, Nitrobacter ini berperan dlm proses Biodegradasi, hampir sama dg bakteri yg Alfi uraikan, yakni Methylococcus capsulatus...
    Thanks for the information fitrii ;)

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum ipit, artikelnya bagus ya dan lengkap.
    Membantu sekali dalam menambah wawasan kita semua.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  25. Hmmm.. setelah membaca artikel ini ternyata peran Nitrobacter bukan hanya untuk mengoksidasi nitrit menjadi nitrat saja.. tetapi juga berperan untuk membantu pengolahan limbah-limbah cair yang dihasilkan dari pabrik-pabrik khususnya untuk menguraikan BOD. Tetapi umumnya peran Nitrobacter ini lebih dominan untuk mengoksidasi nitrit menjadi nitrat.
    ini Referensi tambahan mengenai bakteri Nitrobacter dalam mengoksidasi nitrit menjadi nitrat:
    http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/46952/A11yrp_BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf?sequence=6

    BalasHapus
  26. fitri artikelnya cukup jelas,, namun judulya kurang menarik. ssaya punya usul, misalnya pekerja limbah Nitrobacter. :D

    BalasHapus
  27. bagaimana caranya menambat bakteri ini ?

    BalasHapus
  28. oke banget artikelnya, tapi bagaimana cara kita mendapatkan bakteri ini ... ?

    BalasHapus
  29. bakteri ini kalau kebanyakan apa tidak membahayakan kehidupan udang di tambak ?

    BalasHapus
  30. disini tdk dibahas soal cara mengisolasi/pembuatan Nitrobakter?. kalau ada yg mau berbagi ilmu. sy ucapkan byk terimakasih. thx

    BalasHapus
  31. proses apa min yang menggunakan perubahan asam nitrat ke nitrit sebagai contohnya? Website Gratis

    BalasHapus
  32. terus bagaimana cara menumbuhkan bakteri ini?
    jika untuk kolam ikan, apa cuman di pasang media seperti bioball atau yg lain
    pada filter saja?

    BalasHapus
  33. setuju banget,iya gimana cara mendapatkan bakteri nitrobacter??

    BalasHapus
  34. gak ada yg ngerti jg ternyata cara memperoleh nitrobacter dan cara mengembangbiakannya,ayo tolong dijawab para ahli bakteri,percuma tau manfaatnya tp tidak tau cara memperolehnya

    BalasHapus
  35. gak ada yg ngerti jg ternyata cara memperoleh nitrobacter dan cara mengembangbiakannya,ayo tolong dijawab para ahli bakteri,percuma tau manfaatnya tp tidak tau cara memperolehnya

    BalasHapus
  36. Bagus banget dan mudah di mengerti, sekarang saya sudah mulai pindah dari konvensional , semi organik dan murni menggunakan nitrobacter dalam pengolahan sawah.... Bertani modern dg kembali ke alam.... Itulah nitrobacter

    BalasHapus
  37. Lengkap dan baik sekali urutan artikelnya.... Boleh tanya 2 hal?
    1. Korelasi sinar UV dgn perkembangan bakteri ini seperti apa?
    2.Adakah perlakuan atau penambahan zat tertentu yg dpt mempercepat siklus hidup bakteri ini?
    Mohon dengan hormat jawabannya..
    terimakasih.

    BalasHapus